MARTHA CHRISTINA TIAHAHU (1800 –1817)

Posted: 28 Maret 2014 in Artikel, Pahlawan, Pahlawan Wanita
Tag:, ,

Srikandi Muda ini meninggal di usia muda, Lahir di Nusa Laut, Maluku, 4 Januari 1800 , ia meninggal di usia 17 tahun pada 2 Januari 1818. Di usia yang sangat muda ia sudah terlibat dalam perang Pattimura tahun 1817. Ia lahir dari keluarga Tiahahu dari kelompok Soa Uluputi, Soa dalam bahasa Maluku berarti ‘kelompok yang membagi masyarakat berdasarkan marganya sebagai identitas asal-usul keluarga’.

Kendati berjuang menggempur musuh bersama pasukan ayahnya, Martha Christina yang memulai perang pertamanya ketika berusia 17 tahun dan hanya mengandalkan sebatang tombak itu tetap bergaya layaknya perempuan dengan rambut terurai serta ikat kepala berwarna merah.

Martha Christina menemui ajalnya di atas kapal perang Eversten milik Belanda dan jasadnya diluncurkan di Laut Banda dengan penghormatan militer pada 2 Januari 1818.Martha Christina Tiahahu dikukuhkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional dan tanggal 2 Januari menjadi Hari Martha Christina. Selain itu untuk mengenang jasa-jasanya, dibuatkanlah monumen di desa kelahirannya yang diresmikan oleh Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu pada 2 Januari 2008 dalam peringatan Hari Martha Christina yang ke-190 tahun menghadap Laut Banda. Di Ambon pun monumen Martha Christina tegar berdiri dengan sebatang tombak di tangan Bukit Karang Panjang menghadap ke Teluk Ambon, seakan-akan menyiratkan tekadnya menjaga keutuhan Maluku sebagai daerah kaya berbagai potensi sumber daya alam sebagai bagian kekuatan masa depan untuk kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s